Symfony Framework

Tau gak, apasih symfony framework itu ?  😀  Disini kita nyante aja ya, biar pada ngerti semua, soalnya aku juga newbie :p

Bagi saya, Symfony Framework itu adalah sekumpulan perintah / fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang lebih kompleks . Secara umum, framework itu menggunakan struktur MVC (Model, View, Controller).

Model
Model mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan struktur data baik berupa pemanggilan fungsi, input processing atau mencetak output ke dalam browser

Controller
Controller mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan database dan kapsulisasi proses-proses utama. Jadi semisal di bagian ini ada file bernama member.php, maka semua proses yang terkait dengan member akan dikapsulisasi/dikelompokan dalam file ini.

View
View mencakup semua proses yang terkait layout output. Bisa dibilang untuk menaruh template interface website atau aplikasi.

 
Nah, mulai aja yuukk .. Disini, aku pakek Symfony yang versi 1.4.8 yaa 🙂

Pertama kita install symfony nya dulu. Pasti udah tau gimana cara install nya. symfony nya bisa di download di http://www.symfony-project.com .

Bersambung ..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s